Cerita Nggak Nyambung di Tanjung Layar

Tanjung Layar merupakan salah satu ikon kebanggaan Desa Sawarna, Sukabumi. Gue sangat merasa nyaman kalo lagi ada disini. Terutama saat sunset. Pemandangannya, udaranya, wanginya, dan ketenangannya tuh biking betah buat berlama-lama tinggal. Intinya sih ngangenin banget.

Gue lupa, kapan pertama kali gue ke tempat itu, yang jelas udah lama banget. Gue juga udah lupa, seberapa banyak tempat itu gue kunjungin. Apa sih istimewanya? Duh, banyak banget. Eits, hal pertama yang lu harus terapin kalo mau mencari ketenangan di Sawarna adalah, jangan pernah dateng disaat weekend. Usahakan weekday. Ya, jelas sih, weekend itu padet banget. Banyak orang-orang yang nggak ngerti esensi jalan-jalan. Banyak juga fotografer tinggi gengsi. Uh, eneg to the max. Walaupun nggak nyambung, gue mau sedikit cerita tentang fotografer tinggi gensi itu.

Waktu itu, disaat gue lagi dateng sama 2 temen gue, Abud dan Khalid  ke Sawarna, lebih tepatnya ke Tanjung Layarnya, gue dengan kebiasaan dan tujuan utama gue dateng ke tempat gue bersemedi itu ya buat motret. Gue nyampe di Tanjung Layar diwaktu yang lumayan enak, sekitar jam 5. Setelah 15 menitan gue jempret sana-sini, datenglah segerombolan orang, naik ojek, dan bawa peralatan foto. Ya, gue pikir asik lah, bakal ada temennya. So, gue lanjut motret.

Hari makin sore, cahayapun makin gelap. Gue gerak cepet. Dibeberapa spot, gue keganjel setiap mau motret, karena ada beberapa orang masuk ke frame foto gue, dan nggak lain nggak bukan, mereka adalah gerombolan orang tadi. Gue ngomong dalam hati, “ini orang nggak ngeliat gue, atau emang sengaja”. Walaupun gue yakin banget itu sengaja, karena mereka sempet ngelirik gue lagi motret dan gue emang ada di tempat yang gampang banget diihat, gue tetep ngambil positifnya, mereka lagi nikmatin suasana sampe-sampe males banget buat gerak. Oke, itu nggak jadi masalah. Sembari nunggu mereka geser, gue ngeker alat-alat yang mereka bawa. Gue kaget, dan gue langsung banyak ngayal. Gear mereka adalah gear impian banyak orang: kamera tipe 1 digit, flash yang sesuai dengan merek kamera, dan lighting set laiinya yang tergolong sangat memuaskan. Hal pertama yang ada di otak gue adaah, “gue rampok kali ya ini orang”. Hahahahai.

Sesaat kemudian, mereka memulai photoshoot-nya. Mereka agak menjauh, dan akhirnya hilang dari viewfinder gue. Ya, gue langsung lanjut motret. Nggak lama motret, mood gue agak turun. Gue berenti sejenak dan ngelihatin gerombolan itu lagi asik jeprat-jepret. Awalnya gue biasa, tapi pas diperhatiin lama-lama, kok kayak ada yang ganjil. Bener aja, mereka motret model, bukan landscape. Terus kenapa? masalah? Sebenernya sih nggak. Gue cuma agak bingung. Walaupun gue nggak punya basic yang cukup di ranah modelling, gue lumayan ngerti lah, mana yang cocok dipake model dan mana yang nggak. Coba deh lu bayangin; pemandangan pantai dengan balutan sunset yang anggun, tapi digabung sama model cantik yang pake tanktop pink, celana jeans gemes berwarna navy blue, sambil ngayunin semacam kaen yang gambarnya pantai-pantai gitu.  Duh, pusing.

Kredibilitas gerombolan itu makin jatoh dimata gue, setelah gue ngelihat reaksi mereka yang lagi lewat, terus ngelihat gue motret, dan muka mereka senyum-senyum merendahkan. Gue emang motret pake kamera entry level, dengan tripod 100rb-an, dan filter cokin-p yang ditawar setengah mati waktu mau beli, itu juga ditempelin ke lensanya pake lakban karena nggak ada dudukannya, tapi gue nggak pernah skeptis kalo ngelihat orang yang motret pake handphone sekalipun. Muka mereka tuh bener-bener kayak ngomong, “huh, bocah baru. sok foto pake tripod, kayak tau aja fungsinya”. Pengen gue uleg aja tuh orang.

Mood gue makin ancur, dan cahayapun makin nggak bisa ditangkep mata gue. Gue memilih ke warung tempat kedua temen gue tadi, dan ngajak mereka balik ke penginapan. Seperti biasa, segelas kopi dan sepiring kudapan dulu sebelum balik.

Kopi habis dan cemilanpun lenyap dimakan. Kami berjalan kaki untuk balik ke penginapan. Setelah 100-+ meter jalan, kedengeran suara motor dateng dari arah belakang kami. Tanpa permisi sedikit atau satu orang-pun, gerombolan tadi ngebut seada-adanya di depan kami yang lagi kesusahan buat ngelihat jalan. Kesabaran gue terkikis. Dendam mulai menyulut di hati gue. Gue nyesel banget nggak “negor” mereka.

Buat temen-temen yang mungkin ngerasain hal ini, jangan pernah takut buat negor. Orang dengan sifat kayak gerombolan di atas emang patut ditegor. Bukannya berlagak sok jagoan, tapi kita harus ngerti, kalo budaya kayak gitu jangan sampe turun-temurun.

Bagi kalian yang mau liat foto-foto Ujung Kulon, cek disini: Foto-foto Sawarna

Bagi kalian yang mau tau pantai-pantai keren, cek disini: Pantai Keueece

Bagi kalian yang mau download majalah Gloob! yang ngebahas tempat ini, cek disini: Majalah Gloob! 

Bagi kalian yang mau tau destinasi wisata lainnya, baca aja di www.gloob-online.com

 

Leave a Reply

